Media Pembelajaran Berbasis Blog dan Web


Media Pembelajaran Berbasis Blog
Blog merupakan pilihan pertama dalam membuat pembelajaran elearning, selain gratis dan seumur hidup blog mudah dibuat dan tutorialnya bertebaran dimana-mana. Bila dinginkan hanya sedikit memodifikasi template standar, maka blog sudah bisa digunakan sebagai media pembelajaran. kompleksitas dan isi blog dipengaruhi oleh kreatifitas masing-masing dari kita. hal itu bisa dilakukan dengan menambahkan widget, plugin atau aplikasi dari pihak ketiga atau bahkan langsung berguru pada master-master blogger yang baik hati.. :)

Media Pembelajaran Berbasis Web
Keterbatasan e-learning menggunakan blog adalah minimnya akses dalam pengaturan. selain itu kurangnya widget atau plugin yang tersedia, bila pun ada sangat terbatas dan tidak sesuai keinginan serta kadang pula berbayar. Pilihan berikutnya adalah Web. Yang perlu diperhatikan dan perlu dipersiapkan dalam membuat elearning berbasis web yang gratis adalah:

1. Domain (nama web misalnya elearning.com) yang gratis dan paling banyak digunakan adalah domain di www.co.cc ataupun www.dot.tk. penggunaaan domain tersebut gratis selama satu tahun. untuk memperpanjang kita diharuskan membayar sekian dollar. namun bila tidak kita dapat atasi dengan membuat nama domain baru tentu dengan setting atau pengaturan ulang.

2. Hosting atau tempat penyimpanan file (isi website) yang biasa digunakan adalah hosting di www.000webhost.com. hosting ini menjadi salah satu pilihan karena banyak kelebihan dibandingkan yang lain seperti kelengkapan fiturnya dan tanpa iklan pula.

3. Setelah alamat web dan hosting telah tersedia maka berikutnya adalah mendesain tampilan dan isi website. untuk melakukan hal tersebut maka biasanya digunakan aplikasi desain web seperti dreamweaver, frontpage, aplikasi olah gambar serta diperlukan pula pengetahuan mengenai html dan php untuk memperoleh media pembelajaran berbasis web yang baik. namun lagi-lagi kita mengharapkan yang gratis dan mudah, maka pilihannya adalah menggunakan moodle. moodle merupakan aplikasi pembelajaran yang interaktif dan cukup lengkap. hanya dengan menginstal moodle dan mengatur berbagai parameter yang terbilang mudah maka tersajilah sebuah media elearning berbasis web.

4. Hal terpenting yang harus lebih diperhatikan selain dari keseluruhan poin diatas adalah kreatifitas sang pengajar/fasitator

sumber: http://ujiansmp.tk dan blog harisbahar

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Pendidikan Agama Islam © 2011 Theme made with the special support of Maiahost for their cheap WordPress hosting services and free support.